Sunday, February 14, 2010


The real urban culture scene has arrived. Urban culture adalah budaya perkotaan. Kota-kota di seluruh dunia, masa kini dan masa lampau. Sebuah budaya yang menjamur dan mengisi ruang publik, baik itu dari segi seni aktivitas lainnya. Sebuah budaya yang timbul karena kejenuhan terhadap apa yang sudah ada. Sebuah budaya yang timbul akibat pertemuan berbagai budaya dan interest yang ada.

Beberapa menyebutnya sebagai street culture. Namun urban culture tidak lagi identik dengan budaya ‘jalanan’, karena siapapun yang tinggal di kota berhak menganut budaya ini. Well, walaupun definisi yang kita berikan berbeda-beda, yang penting kita tetap memiliki spirit yang sama. Urban spirit.

Berikut ini hal-hal yang patut Anda ketahui tentang urban culture. Dengan tujuan, pada akhirnya Anda dapat membuat definisi versi Anda sendiri mengenai urban culture.

A Aksara Toko buku dan recording company yang sarat dengan ide, kreativitas, dan event yang sangat mencerminkan karakter urban. / Artcoholic Salah satu komunitas bomber di Jakarta. / Adidas Fashion brand yang barkarakter sporty, edgy, dan urban.

B Bomber Sebutan bagi orang-orang yang membuat graffiti. / Breakdance Salah satu eleman wajib di setiap urban event. / Be@rbrick Urban toys brand yang berbasis di Jepang. / The Butter Factory Bar di Singapura yang sangat edgy dan menampilkan elemen-elemen urban art.

C Copula Duo artist dengan visi ingin selalu membuat sesuatu yang baru. / Cities Medium dari urban culture itu sendiri, yaitu kota.

D Designer Toy Hasil obsesi menempatkan mainan sebagai sebuah karya seni. Dikenal pula dengan sebutan art toys atau urban toys. / DJ Elemen penting yang menghadirkan musik di scene ini. / Darbotz Artist dalam bentuk karakter yang menyerupai cumi-cumi.

E Exhibition Salah satu hasil sebuah proyek atau obsesi setiap seniman urban.

F Footurama Sebuah media webmagazine, salah satu yang berada di belakang kesuksesan MediumRare dan Sneaker Pimps.

G Graffiti Sebuah karya seni berupa coretan garis dan warna yang ada di tembok-tembok atau di pinggir jalan, ekspresi dari pembuatnya. / Goodguysneverwin Salah satu brand mainan lokal.

H Hip Hop Salah satu musik yang paling dekat dengan urban culture, sering ditemukan saat event-event urban berlangsung.

I iPod Produk keluaran Apple yang mengguncang kota dan membuat setiap warga urban merasa harus untuk memilikinya.

J Jakarta Kota urban tempat kita tinggal.

K Kidrobot Salah satu pelopor creator dan retailer untuk limited edition toys, clothing, mini-figures, artwork, dan buku.

L Litestreetwear Local clothing brand yang berkarakter muda dan urban. / Lomo Kamera.

M Mediumrare Pameran urban art dan sneakers pertama di Indonesia, digelar tahun 2005. / Music Salah satu elemen yang berjasa atas berkembangnya budaya urban.

N Nike Salah satu urban brand kesukaan banyak orang, khususnya koleksi sneakers-nya yang termasuk limited edition atau rare items.

O Okami Game hasil kreativitas dari creator Viewtiful Joe yang penampilan visualnya sangat mengesankan. The art direction of this game is a real innovasion!

P Populo Icon Butik urban yang menghadirkan koleksi fashion items dan mainan urban. / Party Essential for urban people.

Q Qee Urban toys yang berbasis di Hong Kong.

R Royal Consortium Local art toys. / ruangrupa Sebuah ruang bagi para seniman Jakarta yang mendukung perkembangan seni dan budaya.

S Skateboard Olahraga yang bertransformasi menjadi gaya hidup anak-anak muda urban. / Sneakers Fashion item yang mencerminkan gaya urban. / Sevenohseven Concept store favorit kaum urban Jakarta. / The Slyndicates Character design studio. / Sneaker Pimps Sneakers exhibition paling sukses yang pernah ada di Jakarta.

T T-shirt Seperti sneaker, fashion item lainnya yang mencerminkan urban style. / Tembok Bomber Bomber community.

U Urbanism Urbanisme, aliran penganut gaya hidup urban. / UBC A local graffiti crew.

V Visual Elemen penyemarak lainnya dalam kategori urban art. / Video Art Sebuah tayangan visual yang mengutamakan nilai seni, bergaya kontemporer. / Vespa Shall we put it here?

W Whatnot Event promoter dan creative consultant, oknum lainnya di belakang kesuksesan MediumRare dan Sneaker Pimps. / Website Salah satu media yang paling tepat untuk tampil bagi para urban artist.

X X-Generation Pemegang peranan terpenting atas berkembangnya budaya urban.

Y Youth Being young.

Z Zook York Skate label yang berbasis di New York, menampilkan kolaborasi dari skateboarders dan seniman graffiti.

arks (Fantastic Crew, UBC), nsane5 (MASE, UBC), apriliaCantik, pinkgirlgowild (Royal Consortium), inarticulate (Royal Consortium), Morden (UBC, KMC), Andaru (Lite), oo (Artcoholic), Muth (Artcoholic), Adnan (Artcoholic), Break13 (Artcoholic), Rest (Artcoholic), Bujangan Urban (Artcoholic), Yeah (Artcoholic), Caky (Artcoholic), Asung, Ameng (ruangrupa), Lovelly Ariesty (Kuaci, Bunga Matahari), Leo (Zeke & The Popo, Otomotion), Wina (Madamistery), Si Jono, Fabi, Intan, Odeq, Kresna, Raymond, Sisca, Adrian (Dub Containers), Edo Wallad. (momo)

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons